Fian Rubianti Am.Keb

Perawatan Bayi Prematur

  • 2

Pengertian Bayi Prematur adalah bayi yang lahir pada tiga minggu atau lebih sebelum waktu kelahiran normal. Pada kondisi normal, kelahiran akan terjadi setelah kandungan berusia 40 minggu. Dengan kata lain, kelahiran prematur terjadi pada minggu ke-37 kehamilan atau sebelum usia 37 minggu.

DuniaBidan.com

Perawatan bayi prematur tentunya berbeda dengan bayi lahir normal, karena organ tubuh yang dimiliki sebagian sudah berfungsi namun belum sempurna, sehingga diperlukan perawatan khusus. Selain itu kebutuhan nutrisinya pun berbeda.

Sebagian dari bayi prematur memerlukan perawatan rumah sakit sebelum akhirnya diperbolehkan dirawat di rumah, biasanya diperbolehkan keluar dari perawatan rumah sakit apabila telah bisa menerima asupan ASI atau susu formula tanpa bantuan pipa nasogastrik, berat badan naik dengan stabil, serta suhu tubuh yang tetap stabil di udara biasa.

Berikut beberapa langkah perawatan bayi prematur yang dapat anda terapkan:

1. Metode Kangguru

Perawatan metode kangguru adalah suatu metode perawatan BBLR ( berat bayi lahir rendah) yang diilhami oleh cara seekor kanguru merawat anaknya yang selalu lahir prematur.

DuniaBidan.com

Bunda bisa melakukan perawatan kangguru segera setelah bayi lahir. Namun, ada juga beberapa rumah sakit yang memiliki kebijakan untuk menunda perawatan kangguru hingga kondisi kesehatan bayi lebih stabil.

Cara melakukan metode kangguru adalah bayi dalam keadaan tanpa pakaian hanya menggunakan popok, topi, & kaus kaki, kemudian diletakkan secara vertikal di dada diantara kedua p@yudara, kulit ibu bersentuhan secara langsung dengan kulit bayi & diselimuti bagian punggungnya. 

Lakukan metode kangguru dengan gembira dan jangan takut menyakiti bayimu. Bayi akan mengetahui aroma tubuh, sentuhan, serta irama napasmu. Pada akhirnya, dia akan selalu menikmati kedekatan denganmu. Tidak hanya ibu yang bisa melakukan metode kangguru, tetapi ayah juga bisa.

Baca Juga: Perawatan Bayi Prematur: Manfaat Perawatan Metode Kangguru (PMK)

2. Menyusui bayi prematur

Jangan menyerah untuk tetap memberikan ASI. Jika bayi kesulitan menyusu, Anda bisa memberikan ASI perah yang ditempatkan di botol khusus untuk bayi prematur. ASI selain mengandung nutrisi yang diperlukan dalam pertumbuhan bayi, ASI juga mengandung antibodi penting yang diperlukan untuk melindungi bayi dari infeksi.

DuniaBidan.com

Memompa ASI bisa segera Anda lakukan setelah lahir untuk mendorong ASI keluar dengan lancar. Anda mungkin perlu memompa ASI setidaknya 6-8 kali per hari. Jika Anda merasa ASI sulit keluar, jangan khawatir karena hal ini sudah biasa terjadi. Yang perlu Anda lakukan hanya berusaha terus dan tanamkan hal positif pada pikiran Anda.

3. Imunisasi dan Vaksin Bayi Prematur

Pada dasarnya, bayi prematur (termasuk bayi berat lahir rendah) tetap dianjurkan untuk diberikan imunisasi. Jadwal imunisasi bayi prematur sama dengan jadwal untuk bayi yang terlahir normal. Bedanya hanya pada vaksin hepatitis B, karena tergantung status HBsAg Ibu.

Pemberian vaksin Hepatitis B pada bayi prematur dapat juga dilakukan dengan cara di bawah ini:

DuniaBidan.com

Keterangan: 

1. Bayi prematur dengan ibu HBsAg positif harus diberikan imunisasi HB bersamaan dengan HBIG pada 2 tempat yang berlainan dalam waktu 12 jam. Dosis ke-2 diberikan 1 bulan kemudian, dosis ke-3 dan ke-4 diberikan umur 6 dan 12 bulan.

2. Bayi prematur dengan ibu HBsAg negative pemberian imunisasi dapat dengan :

  • Dosis pertama saat lahir, ke-2 diberikan pada umur 2 bulan, ke-3 dan ke-4 diberikan pada umur 6 dan 12 bulan. Titer anti Hbs diperiksa setelah imunisasi ke-4.
  • Dosis pertama diberikan saat bayi sudah mencapai berat badan 2000 gram atau sekitar umur 2 bulan. Vaksinasi HB pertama dapat diberikan bersama-sama DPT, OPV (IPV) dan Haemophylus influenzae B (Hib). Dosis ke-2 diberikan 1 bulan kemudian dan dosis ke-3 pada umur 8 bulan.

4. Jaga Kebersihan Tubuh Bayi

Mandikan bayi anda setiap hari untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Gunakan produk dan alat mandi khusus bayi agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

DuniaBidan.com

Setelah mandi, jemur bayi 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari pagi supaya kulit bayi anda tidak kuning. Sebaiknya pisahkan baju anda dan bayi ketika mencucinya dan jangan dijemur pada tempat yang mudah terkena debu.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar

5. Perhatikan Pola Tidur dan Posisinya

DuniaBidan.com

Bayi prematur biasanya tidur lebih sering dibandingkan bayi lain, namun dengan durasi yang lebih singkat. Pastikan bayi tidur telentang, tidak miring, atau tengkurap. Hal ini bertujuan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak yang lebih umum terjadi pada bayi prematur dibandingkan pada bayi yang lahir sesuai waktunya.

Jangan lupa untuk rutin kontrol dan berkonsultasi dengan dokter. Peningkatan berat badan pada bayi merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan perawatan bayi prematur anda di rumah.

INFO: You have Ads-Block for Perawatan Bayi Prematur , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Perawatan Bayi Prematur , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Perawatan Bayi Prematur by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Perawatan Bayi Prematur via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Perawatan Bayi Prematur

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Perawatan Bayi Prematur


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.