Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak

  • 1

Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak | Dunia Bidan

Dalam mendidik anak tidaklah cukup hanya peran seorang ibu saja, kini tidak ada lagi pemisahan tugas yang mengatakan bahwa ayah hanya bertugas mencari nafkah saja, sementara untuk anak sepenuhnya tanggung jawab seorang ibu. Karena, jika seorang anak hanya diasuh oleh ibu saja, maka ia akan kehilangan sosok ayah.  Di Era modern seperti sekarang ini baik ayah dan ibu memiliki peran yang sama dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak supaya tumbuh kembang anak berkembang secara optimal.

Peran seorang ayah dalam membangun kecerdasan seorang anak memilki andil cukup besar, ayah akan membangun kecerdasan emosional, meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi, dan untuk memberi motifasi anak dikemudian hari, ayah juga tak segan memberikan pelajaran mengenai kehidupan berdasarkan pengalaman hidup yang ia alami semasa hidupnya.

Berkembangnya zaman, menjadikan pola asuh ayah zaman sekarang dan zaman dulu berbeda, dari segi pengetahuan dan juga pendidikan. Dengan demikian, anak akan merasa nyaman dan mampu menjadi sosok anak yang memiliki dua figur, yakni dari seorang ayah dan ibu. Libatkan juga sosok Kakek dan Nenek untuk menambah pengetahuan si kecil mengenai kisah atau dongeng zaman dulu yang mungkin minim diketahui sosok ayah zaman sekarang.

Menjadi seorang ayah bukan perkara mudah, sebab disamping perannya dalam mendidik anak, ia juga memiliki tanggun jawab yang lebih besar untuk keluarga yakni mencari nafkah. Lalu hal seperti apakah yang harusnya diberikan untuk anak disela-sela kesibukannya? Berikut ini adalah bentuk perhatian yang harus diterapkan oleh seorang ayah pada anak-anaknya.

Bentuk perhatian ayah terhadap kecerdasan anak

1. Luangkan waktu untuk anak 15-30 menit tiap hari

Meskipun ayah merasa lelah dan penat dengan kesibukan diluar karena pekerjaannya, namun usahakan untuk dapat meluangkan sedikit waktu disetiap harinya untuk bersama anak meski hanya sekedar bermain ataupun bercanda. Dengan demikian, anak akan merasa diperhatikan dan cara tersebut memiliki makna untuk perkembangan emosional seorang anak. Menurut pepatah, seorang ayah yang positif akan memberikan dampak yang positif pula untuk tumbuh kembangn anaknya.

2. Balancing antara kesibukan dan perhatian kepada anak

Ayah harus pandai-pandai menyerasikan antara kesibukan dengan perhatian anak, juga harus pintar dalam menjaga kekompakan di depan anak. Dalam hal ini, ibu juga harus ikut serta mendukung demi tumbuh kembangnya.

3. Ungkapkan rasa sayang terhadap anak

Mengungkapkan rasa sayang teradap anak tidak melulu dengan memberikan hadiah atau sesuatu yang anak inginkan, bisa dengan cara lain seperti: bertanya tentang kegiatan yang ia lakukan seharian misal kegiatan disekolah atau bermain bersama temannya. Cara seperti itu akan meningkatkan kemampuan akademis anak. 

Selain dengan ucapan, ayah juga dapat memberikan perhatian berupa pelukan hangat, belaian sayang bahkan pujian atau penghargaan ketika mampu mencapai sesuatu yang ia lakukan dengan baik dan benar. 

Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak

Top Recent People Searches: Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News