Fian Rubianti Am.Keb

Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak

  • 1

Tersedak atau choking kerap ditemukan pada anak-anak, umumnya terjadi karena tidak sengaja misalnya saat ia makan atau minum kemudian kaget atau tertawa secara tiba-tiba. Kasus tersedak pun bermacam-macam mulai dari tersedak makanan, air susu yang deras, mainan kelereng, isi buah (biji rambutan, biji semangka, dan sebagainya), dan yang paling aneh ditemukan adalah tersedak karena memakan koin.

Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak

Penyebab Anak Tersedak

Tersedak sering kali terjadi secara tidak sengaja, namun dibalik itu tetap ada faktor yang menyebabkan tersedak. Di bawah ini beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya tersedak pada anak, diantaranya :

  1. Makan sambil Berbicara, tersedak saat makan sambil bicara terjadi karena makanan dan udara yang masuk saling bertabrakan.
  2. Makan sambil Berjalan dan Bermain, anak bisa saja tersedak saat anak makan sambil berjalan dengan tiba-tiba sehingga anak panik dan mengakibatkan anak kekurangan oksigen. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan orangtua mengajarkan atau membiasakan kepada anak makan harus sambil duduk.
  3. Terburu-buru, ajarkan anak untuk makan dan mengunyah dengan perlahan, tanpa harus merasa dikejar waktu sehingga tersedak karena terburu-buru sapat dihindari.
  4. Memasukkan Benda Asing ke dalam Mulut, Hal ini harus menjadi perhatian orangtua, karena umumnya anak-anak terutama balita senang memasukan benda asing kedalam mulut baik dalam kecil maupun besar selain berpotensi tersedak mungkin benda tersebut kotor atau tajam.
  5. Makanan yang Keras dan Licin seperti permen, biji-bijian, buah-buahan berukuran kecil (rambutan, leci, strawberi dan lainnya). Sebaiknya perhatikan makanan atau benda apa saja yang dimasukan kedalam mulut anak.

Bahaya yang ditimbukan jika anak tersedak berpotensi merusak otak hingga otak anak rusak permanen jika dibiarkan selama 5-10 menit tanpa dilakukan pertolongan. Hal ini sangat fatal bagi dirinya karena asupan oksigen ke otak terhenti selama waktu tersebut akibatnya beberapa fungsi otak seperti menghafal atau mengingat juga akan menurun.

Jika anak anda tersedak, sebelum melakukan tindakan pertolongan, Ibu dan Ayah harus tetap tenang dan jangan panik agar dapat melakukan pertolongan pertama pada anak yang tersedak. Mari simak upaya pertolongan pertama oleh orangtua pada anak yang mengalami tersedak dibawah ini.

Hal yang harus diperhatikan jika anak mengalami tersedak:

  • Pastikan bahwa anak benar tersedak, tanya "apakah kamu tersedak?" Jika anak masih bisa menjawab atau bicara maka jangan lakukan apa-apa.
  • Anak yang masih dapat bicara, batuk, napas, menangis berarti sumbatannya sebagian (tersedak parsial).  Hindari menepuk punggung anak yang tersedak pasrial karena ada risiko benda itu justru masuk lebih dalam dan membuat sumbatan total,
  • Apabila anak tidak mampu batuk dan terlihat sesak napas segera panggil bantuan sambil melakukan pertolongan pertama.

Pertolongan Pertama Pada Anak Tersedak

  1. Pastikan anak dalam keadaan sadar
  2. Berikan anak sedikit minum (tergantung benda yang membuat anak tersedak dan jika dirasakan perlu)
  3. Tepuklah punggung anak atau minta ia untuk batuk yang kuat agar anak dapat memuntahkan sesuatu yang membuatnya tersedak
  4. Jika masih belum keluar, anda bisa lakukan manuver Back Blow atau Chest Thrust. Berikut penjelasan mengenai kedua manuver tersebut:

Manuver Back Blow dan Chest Thrust pada anak tersedak

Manuver Back Blows

Manuver back blows untuk kasus tersedak pada anak di bawah 1 tahun. Berikut cara melakukan manuver back blows pada anak:

  1. Tengkurapkan bayi pada tangan orang dewasa, topang leher dan dagunya dengan jari orang dewasa, dan posisi kepala bayi lebih rendah daripada posisi dadanya. 

  2. Tekan punggung bayi tepat di antara kedua bahunya dengan menggunakan dasar telapak tangan orang dewasa sebanyak 5 kali gerakan secara cepat

  3. Jika makanan atau benda lain yang menyumbat tenggorokan anak tidak kunjung keluar, lakukan manuver chest thrust.

Manuver Chest Thrust

Manuver ini dilakukan jika manuver back blows tidak berhasil. Berikut langkah manuver chest thrust pada anak anak:

  1. Balik badan bayi dan letakkan bayi tertidur telentang pada meja atau lantai atau pada pangkuan lengan orang dewasa

  2. Posisikan dua jari Anda tepat di tengah tulang dada dan lakukan sebanyak 5 gerakan menekan secara cepat.

  3. Lakukan gerakan menekan dari belakang ke arah depan menuju kerongkongan anak, sehingga benda yang menyumbat keluar atau bayi mulai mampu bernafas normal.

Jika bayi kehilangan kesadaran, segera beralih ke tindakan pemberian nafas buatan dan segera cari bantuan medis.

Bila Anda berhasil mengeluarkan benda yang menyumbat saluran pernafasan anak, tetap bawa anak ke rumah sakit untuk menerima pemeriksaan lanjutan.

INFO: You have Ads-Block for Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.