Fian Rubianti Am.Keb

Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi

  • 1

Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi - DuniaBidan.com

Pada artikel ini Dunia Bidan akan membahas tentang penyebab gumoh dan cara mengatasi gumoh pada bayi. Gumoh adalah muntah ringan atau regurgitasi makanan (tapi berbeda dengan muntah), cairan yang keluar biasanya hanya sedikit, seperti mengalir, atau mungkin hanya menetes berupa susu yang baru saja di minum dan bercampur dengan air liur. Baca Selengkapnya pada artikel sebelumnya tentang Gumoh, Bayi muntah setelah diberikan ASI.

Penyebab Gumoh pada Bayi

Hal paling mendasar yang menjadi penyebab utama bayi mengalami gumoh tak lain adalah karena sistem pencernaan bayi yang belum dapat bekerja maksimal dalam mencerna makanan di usianya yang masih muda. 

Ketika bayi minum susu secara otomatis ada udara terjebak dalam cairan yang ikut masuk. Ketika di lambung udara akan mencari posisi tertinggi karena berat jenis yang lebih ringan, lalu kemudian dikeluarkan dengan sendawa.

Gumoh pada bayi terjadi, ketika bayi sendawa ternyata masih banyak cairan (susu) yang berada di atasnya maka cairan akan ikut keluar melalui mulut atau hidung.

Adapun hal-hal lain yang menjadi penyebab bayi gumoh antara lain:

  • Pemberian ASI atau susu yang terlalu banyak. Lambung bayi memiliki kapasitas tertentu, bila lambung terisi penuh maka dapat menyebabkan bayi gumoh. 
  • Posisi menyusui yang salah. Pemberian ASI sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang telentang kadang membuat cairan masuk ke saluran napas. Akibatnya bayi bisa gumoh.
  • Organ pencernaan belum sempurna. Klep penutup lambung yang terletak diantara lambung dan saluran pencernaan atas pada bayi biasanya belum berfungsi dengan sempurna. 
  • Bayi bergerak terlalu aktif. Pertu akan mengalami tekanan yang tinggi sast bayi menggeliat atau menangis terus menerus. Akibatnya, bayi akan muntah atau gumoh.
  • Menangis berlebihan. Bayi yang menangis saat menyusu akan menyebabkan banyaknya udara yang ikut tertelan bersama susu bahkan ini bisa membuat anak tersedak.
  • Kepekaan terhadap makanan, Misalnya bayi yang alergi terhadap susu sapi (pada susu formula atau susu yang diminum ibu). Perhatikan juga setiap makanan atau obat yang ibu konsumsi, karena hal ini juga ada kaitannya dengan gumoh.
  • Kondisi Dot. Jika bayi Anda disusui melalui dot bayi, usahakanlah untuk memastikan lubang dotnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil bagi bayi Anda. Lubang dot yang terlalu kecil akan membuat bayi malas menyusu karena ia kesulitan sedangkan lubang dot yang terlalu besar akan membuat aliran air susu menjadi sangat kencang dan membuat ia tersedak karena menyusu tanpa waktu jeda.

Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi

Setelah mengetahui penyebab gumoh, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi gumoh pada bayi. Sebab gumoh yang tidak ditangani dengan baik, akan ada risiko yang sangat berbahaya! Berikut cara mengatasi gumoh pada bayi:

Pada saat bayi mengalami gumoh:

  • Jika gumoh terjadi saat bayi tidur terlentang, maka segeralah miringkan badan dan kepalanya, hilangkan bantal dan usahakan kepala lebih rendah dari badan.
  • Jika gumoh terjadi saat bayi digendong tegak, maka sedikit bungkukkan badan ke depan.

Untuk mengurangi terjadinya gumoh pada bayi, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

  • Jangan berikan ASI atau susu saat bayi berbaring. Usahakan bayi dalam posisi tegak selama 30 menit setelah menyusui.
  • Jangan dudukan bayi di kursi khusus bayi setelah menyusu sebab dapat meningkatkan tekanan pada perutnya.
  • Hindari merangsang aktivitas yang berlebihan setelah bayi menyusu.
  • Jangan berlebihan memberikan susu atau ASI pada bayi. Lebih baik berikan dalm jumlah yang sedikit tapi sering.
  • Segera sendawakan bayi setelah menyusu. Bahkan bayi terkadang masih membutuhkan bersendawa di antara 2 waktu menyusu.
  • Pastikan lubang dot tidak terlalu kecil atau lebar. Bila terlalu kecil maka akan banyak udara yang masuk. Bila terlalu besar, susu akan mengalir lebih cepat sehingga dapat membuat bayi gumoh.
  • Jika bayi sangat lapar sebaiknya jangan berikan susu atau ASI terlebih dahulu sebab bayi akan minum tergesa-gesa sehingga akan banyak udara yang masuk.
  • Usahakan bayi dalam posisi miring dengan kepala lebih tinggi dari kaki membentuk sekitar 45 derajat. Posisi ini bisa membuat cairan turun ke bawah.
  • Jangan langsung mengangkat bayi saat gumoh atau muntah karena bisa jadi gumoh akan turun dan masuk ke paru-paru. Sebaiknya tengkurapkan atau miringkan bayi dan biarkan ia muntah sampai tuntas.
  • Bila bayi gumoh melalui hidung sebaiknya biarkan saja. Kondisi akan berbahaya bila cairan dihirup kembali dan masuk ke paru-paru. Keluarnya cairan dari hidung menandakan bahwa muntahan bayi terlalu banyak sehingga samapi keluar lewat hidung.
  • Kondisi akan membahayakan bila bayi tersedak sehingga muntahannya masuk ke paru-paru. Segera miringkan atau tengkurapkan bayi bila terliht tanda-tanda ingin muntah.

Dengan mengetahui penyebab gumoh pada bayi dan cara mengatasinya, diharapkan ibu menyusui tidak perlu khawatir berlebihan serta menjadi petunjuk yang jelas ketika bayi Anda mengalami gumoh sehigga anda dapat mengatasi nya sendiri dirumah.


INFO: You have Ads-Block for Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?