Fian Rubianti Am.Keb

Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli

  • 1

Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah proses bayi menyusu sendiri selama 1 jam setelah lahir langsung dikeringkan bagian tubuhnya kecuali bagian tangan biarkan saja basah dengan sisa cairan ketuban yang menempel. Konon, Bau air ketuban yang menempel pada tangan bayi akan menuntunnya untuk menemukan putting karena bau air ketuban mirip dengan kolostrum pada Air Susu Ibu (ASI). Proses melakukan IMD adalah dengan meletakan bayi pada dada ibu segera setelah lahir dan membiarkannya merayap sendiri mencari putting untuk menyusu, proses ini dinamakan the breast crawl.

Baca Juga: Apa itu Kolostrum? Jangan Membuang Kolostrum!

Pengertian Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli

1. Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menurut Depkes (2008), IMD dilakukan dengan membiarkan bayi menempel di dada atau perut ibu segera setelah lahir dan membiarkannya merayap mencari putting, kemudian bayi menyusu sampai puas.

2. Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menurut Roesli (2008), IMD adalah ketika pada jam pertama bayi lahir dan berhasil menemukan p4yudar4 ibunya. Inilah awal hubungan menyusui antara bayi dan ibunya, yang akhirnya berkelanjutan dalam kehidupan ibu dan bayi.

3. Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menurut Wulandari D (2010), IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan hanya dikeringkan, kecuali tangannya. Proses yang memakan waktu hingga 1 jam ini, harus berlangsung skin to skin contact antara bayi dan ibu.

IMD pasca operasi caesar

Proses melahirkan tidaklah sederhana, seorang istri mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan si buah hati ke dunia. Maka suami harus mendukungnya dengan sepenuh hati. Sebenarnya, ada juga suami yang takut melihat darah, tetapi ketakutan ini dapat disiasati, misalnya suami berdiri dibelakang istri. Dalam proses IMD, dibutuhkan kesiapam mental ibu. Ibu tidak boleh merasa risih ketika bayi diletakkan di atas tubuhnya. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan suami antara lain memberikan perhatian kepada istri, misalnya dengan mengelus-elus rambut disertai mengungkapkan kalimat yang menenangkan hati (Prasetyono, 2012). 

Meskipun melahirkan secara caesar, Ibu dapat melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) pada bayinya walaupun kemungkinan berhasilnya sekitar 50% dari pada persalinan normal, dengan catatan bayi dalam kondisi yang stabil.

Menurut Ananda (2009) Tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan IMD, mau itu melahirkan secara caesar atau bayi yang lahir dengan berat bayi lahir rendah (BBLR) tetap dapat melakukan IMD, dengan catatan yang sama yaitu bayi dalam kondisi stabil.

Manfaat IMD dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit-penyakit yang berisiko kematian tinggi, misalnya kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit lainnya. Selain itu, IMD juga dapat menekan Angka Kematian Bayi (AKB) baru lahir hingga mencapai 22 % (Cie, 2008).


INFO: You have Ads-Block for Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Menurut Para Ahli

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?