Fian Rubianti Am.Keb

Kapan Bayi Perlu Disendawakan

  • 1

DuniaBidan.com

Kenapa bayi harus disendawakan?

Dalam keadaan pasca menyusu, terdapat gelembung angin yang terkadang ikut masuk ke dalam perut bayi. Makin banyak udara yang masuk, semakin kembunglah perut bayi. Akibatnya bayi merasa tidak nyaman dan akan menyebabkan rewel. Bahayanya, muntahan bayi bisa masuk hidung dan paru-paru yang membuat bayi tersedak dan berakibat kematian jika tidak ditangani segera.

Kapan Waktu yang Tepat Menyendawakan Bayi?

Menyendawakan bayi ada waktunya Bun. Sama halnya orang dewasa yang bersendawa ketika sudah kenyang atau kemasukan angin. Bayi juga bersendawa setelah ia menyusu. Namun Bayi baru lahir belum bisa bersendawa sendiri harus dibantu oleh ibu atau ayahnya.

Baca Juga: Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu yang Benar

Berikut Waktu yang Tepat Untuk Menyendawakan bayi, simak informasinya dibawah ini:

1. Setiap saat setelah selesai menyusui. Setelah si kecil merasa cukup kenyang menyusui, perlahan sendawakanlah.

2. Jika si kecil mulai terlihat tidak nyaman atau rewel saat disusui, berhentilah sejenak sekitar 10-20 menit. Lalu, cobalah untuk menyendawakannya terlebih dulu. Karena, jika perut bayi terisi dengan banyak gas maka dia tidak akan mau / tidak nafsu / tidak nyaman untuk bisa minum ASI/susu.

3. Jika anda memberikan susu botol, sebaiknya bayi disendawakan setiap 60-90 ml. Tetapi, jika si kecil disusui dengan ASI sebaiknya ia disendawakan setiap kali akan berganti posisi/peralihan dari satu payudara ke payudara lainnya.

4. Adakalanya bayi terbangun dalam tidurnya karena kembung. Sendawankanlah si kecil agar ia dapat kembali melanjutkan tidurnya dengan nyaman. Jika bayi tertidur lelap sebelum bersendawa, Bunda sebaiknya melakukan tindakan seperti, Tinggikan posisi kepalanya daripada perutnya, atau sedikit miringkan badannya. Anda dapat mengganjal dengan bantal kecilnya. Hal tersebut akan meminimal bayi tersedak oleh susu yang ia minum, dan belum sempat bersendawa.

5. Jika bayi minum tergesa-gesa. Tunggulah sampai ia mulai slowdown, lalu perlahan sendawakan si kecil. Setelah itu, Anda mulai dapat menyusui lagi.

Setelah usia bayi 6 sampai 8 bulan, bayi Anda mungkin tidak perlu bersendawa/disendawakan sama sekali. Bersendawa adalah untuk bayi baru lahir yang belum tahu bagaimana menyusu dengan benar. Tapi saat bayi Anda belajar minum susu (ASI) maupun sufor dengan menggunakan botol, dia akan menelan lebih sedikit udara secara alami, ajarkan ia bersendawa.

Baca Juga: Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI
Baca Juga: Kandungan Dan Manfaat Air Susu Ibu (ASI)


INFO: You have Ads-Block for Kapan Bayi Perlu Disendawakan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Kapan Bayi Perlu Disendawakan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Kapan Bayi Perlu Disendawakan by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Kapan Bayi Perlu Disendawakan via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Kapan Bayi Perlu Disendawakan

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?