Fian Rubianti Am.Keb

Jadwal Imunisasi Bayi

  • 2

Jadwal Imunisasi Bayi - DuniaBidan.com

Imunisasi adalah prosedur untuk meningkatkan derajat imunitas, memberikan imunitas protektif dengan menginduksi respon memori terhadap pathogen tertentu/toksin dengan menggunakan preparat antigen non virulen/non toksik (Wong. DL, 2008: 28).

Tujuan diberikan imunisasi adalah untuk mengurangi angka penderita suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan imunisasi yaitu seperti hepatitis B, campak, polio, difteri, tetanus, batuk rejan, gondongan, cacar air, tbc, dan lain sebagainya.

Jadwal Imunisasi Dasar Lengkap untuk bayi terdapat pada bagian belakang buku KIA

Catatan Imunisasi Anak - DuniaBidan.com

Pada artikel ini kita akan lebih fokus membahas tentang imunisasi dasar pada bayi dan balita saja. Imunisasi dasar pada bayi adalah upaya pencegahan penyakit dengan cara pemberian beberapa vaksin imunisasi dasar yang harus diberikan pada bayi dengan cara penyuntikan ataupun melalui oral.

5 Jenis Imunisasi Dasar untuk Bayi

Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap berguna untuk member perlindungan menyeluruh terhadap penyakit- penyakit yang berbahaya. Dengan memberikan lmunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal, tubuh bayi dirangsang untuk memliki kekebalan sehingga tubuhnya mampu bertahan melawan serangan penyakit berbahaya. Apa saja program imunisasi dasar lengkap tersebut? Lalu kapan diberikan imunisasi dasar pada bayi? Mari simak ulasannya berikut ini:

5 Imunisasi Dasar Lengkap Wajib Diberikan Sebelum Bayi Berusia 1 Tahun

UMUR BAYI JENIS IMUNISASI MANFAAT
<7 Hari Hepatitis B (HB) 0 Mencegah Penularan Hepatitis B dan Kerusakan Hati
1 Bulan BCG Polio 1 Mencegah Penularan Tuberculosis dan Polio
2 Bulan DPT-HB-Hib 1 Polio 2 Mencegah Polio, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Hepatitis B, Meningitis, & Pneumonia
3 Bulan DPT-HB-Hib 2 Polio 3 Mencegah Polio, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Hepatitis B, Meningitis, & Pneumonia
4 Bulan DPT-HB-Hib 3 Polio 4 Mencegah Polio, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Hepatitis B, Meningitis, & Pneumonia
9 Bulan Campak

Mencegah Campak

Datanglah segera ke Posyandu, Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat untuk melengkapi imunisasi dasar, yaitu Hepatitis B, BCG, Polio, DPT dan Campak. Untuk anak yang terlambat atau belum mendapat imunisasi campak, apabila saat itu anak berusia 9-12 bulan, maka berikan imunisasi campak kapan pun saat bertemu. Namun apabila anak berusia lebih dari 1 tahun maka diberikan MMR. Jika telah diberi MMR pada usia 15 bulan maka pada saat bayi berusia 24 bulan atau 2 tahu tidak perlu lagi diberikan imunisasi campak.

Jika bayi sdang sakit, sebaiknya tunggu dulu sampai sembuh atau segera obati penyakitnya, asal ketika sudah sembuh ibu SEGERA datang ke Bidan atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mengganti pemberiaan imunisasi yang terlewat ketika sakit. Jangan tunggu jadwal pemeberian imunisasi bulan depannya!

Jangan Panik Jika Bayi Demam Setelah Imunisasi

Bayi memiliki daya tahan yang berbeda-beda, untuk imunisasi jenis tertentu (DPT-HB) kadang diikuti dengan demam. Jika itu terjadi, kita tidak perlu panik karena demam akan turun dalam waktu tidak lama. Lakukan hal ini jika bayi anda demam setelah pemberian imunisasi:

  • Pakaikan pakaian yang tipis
  • Beri obat penurun panas yang dibekali oleh Bidan saat pemberian imunisasi
  • Kompres dengan air hangat
  • Jika demam memberat dan menetap, atau jika orang tua merasa kuatir bawalah bayi anda ke Puskesmas, bidan atau dokter terdekat.

Bayi yang kelihatannya sehat belum tentu kebal terhadap serangan penyakit berbahaya. Membawa bayi kita ke Posyandu atau tempat pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal adalah wujud kasih sayang dan tanggung jawab melindungi buah hati tercinta.

INFO: You have Ads-Block for Jadwal Imunisasi Bayi , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Jadwal Imunisasi Bayi , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Jadwal Imunisasi Bayi by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Jadwal Imunisasi Bayi via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Jadwal Imunisasi Bayi

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Jadwal Imunisasi Bayi


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.