Fian Rubianti Am.Keb

Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh

  • 1

Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh - DuniaBidan.com

Gumoh pada bayi merupakan hal yang wajar dan merupakan bagian dari tumbuh kembang bayi, sebaiknya anda tidak perlu khawatir ketika Si Kecil gumoh karena normal terjadi pada bayi dibawah 4 bulan. Namun jika gumoh terjadi berlebihan dan berkepanjangan, atau disertai dengan gejala-gejala lain, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Meski umumnya gumoh tergolong normal, namun patut diwaspadai jika bayi sering gumoh dengan disertai dengan kondisi-kondisi seperti berikut:

  • Bayi mulai gumoh pada usia enam bulan dan menetap hingga lebih dari 1 tahun.
  • Bayi memuntahkan makanan atau cairan susu terlalu sering atau tampak terpaksa
  • Warna cairan yang dimuntahkan bayi berwarna kuning, hijau atau disertai darah.
  • Cairan yang dimuntahkan jumlahnya cukup banyak dan berlangsung sampai dua jam setelah menyusu.
  • Bayi susah makan atau menolak diberi susu sehingga berat badan bayi tidak bertambah.
  • Bayi sulit bernapas atau menunjukkan tanda-tanda sakit.
  • Perut yang tampak penuh atau membuncit.
  • Demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius.
  • Menangis berlebihan atau sangat rewel dan tidak nyaman.

Dalam beberapa kasus, bayi sering gumoh dapat menandakan adanya gangguan kesehatan seperti alergi susu sapi, yang juga dapat menyebabkan bayi muntah, diare, dan ruam. Beberapa tindakan yang juga dapat dilakukan untuk mengurangi gumoh adalah menambahkan zat pengental ke makanan, atau mengurangi konsumsi susu sapi bagi Si Kecil terutama pada bayi yang dicurigai menderita intoleransi laktosa.

Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika bayi mulai muntah menyembur keluar dari mulut dan banyak, guna mendapatkan penanganan yang sesuai bila dinilai perlu.

INFO: You have Ads-Block for Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.