Fian Rubianti Am.Keb

Faktor Penyebab ASI Sedikit

  • 2

Faktor Penyebab ASI Sedikit - Dunia Bidan

Faktor Penyebab ASI Sedikit - Image

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Bayi dapat memintaASI kapanpun dan ibu sebaiknya memberikan ASI tersebut tanpa ada pembatasan. Sebuah riset menemukan sekitar 15% ibu menyusui rata-rata 3 minggu setelah melahirkan mengalami masalah produksi ASI yang sangat sedikit dan tidak bisa memenuhi kebutuhan bayinya, sehingga menimbulkan kekhawatiran dan kegaduhan, karena bayi akan rewel dan membuat kita serba salah, mau begini salah, mau begitu salah. Penyebab produksi ASI sedikit tidak hanya dari ibu saja, dari bayi dan makanan juga mempengaruhi sedikitnya produksi ASI.

Untuk mengatasi kekeringan ASI, payudara harus dipompa setiap hari untuk mengaktifkan kelenjar susu. Manajemen ASI yang buruk seperti tidak menyusui dapat mengakibatkan sedikitnya pasokan ASI. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kekeringan ASI. 

Faktor penyebab kurangnya produksi ASI

1. Faktor Menyusui

  • Tekhnik menyusui yang baik dan benar dapat mempengaruhi sedikit atau banyaknya ASI yang keluar, Bayi tidak menghisap puting p@yudara Ibu dengan baik karena perlekatan mulut bayi ke areola mammae yang kurang benar, seperti Seorang bayi yang mengantuk, atau sedang mengalami sakit kuning, tidak mampu untuk menghisap ASI dengan baik
  • Faktor menyusui lainnya yang dapat mempengaruhi produksi ASI misalnya anak jarang disusui, bayi bingung puting akibat pemakaian dot sehingga jarang menyusu.
  • Membatasi jumlah waktu pemberian ASI, akan menyebabkan bayi mendapat foremilk (dengan kalori rendah) daripada hindmilk (yang tinggi kandungan lemak). Biasanya bayi menghabiskan 20-45 menit untuk menyusui selama baru lahir, untuk mendapatkan cukup ASI. Anda harus memberikan ASI yang cukup bagi bayi, selama beberapa minggu pertama kelahirannya. Hal ini akan memberikan stimulasi yang baik bagi produksi ASI Anda. Usahakan untuk, memberikan ASI dari kedua payudara secara bergantian, agar produksi ASI seimbang.
  • Pemberian susu formula dan penggunaan dot pada bayi, juga dapat menurunkan produksi ASI. Jika Anda memberikan ASI dari botol susu melalui dot, pastikan untuk memompa ASI Anda sesering mungkin, kemudian taruh dalam botol, lalu letakkan di lemari pendingin. Hangatkan ASI saat akan diberikan kepada bayi.

2. Faktor Psikologi Ibu, seperti ibu stress, panik, dsb

Faktor psikologi ibu berupa stress, rasa khawatir berlebihan dapat mengakibatkan ASI berkurang.

Ibu yang mengalami masalah hormonal pasca melahirkan akan mempengaruhi kemampuan produksi ASI, stress yang dimaksud dapat timbul dari kurangnya dukungan Ayah/Suami dalam mengurus bayi, jadi semuanya ibu yang mengurusi sendiri membuat stresor dalam diri ibu menyusui meningkat.

3. Faktor Fisik Ibu, yang terdiri dari:

  • Ibu Yang Bekerja Setelah Melahirkan, dengan padatnya aktivitas maka ibu mengalami Penurunan ASI Dengan Cepat
  • Banyak Ibu mengalami penurunan pasokan ASI ketika mereka sakit flu dan demam
  • Puting Yang Lecet, Dapat Mengganggu Proses Pemberian ASI, usahakan untuk sering berganti posisi, agar puting tidak mudah lecet.
  • Kondisi medis seperti bentuk puting yang masuk kedalam (inverted nipples), datar, dan infeksi pada puting, dapat menyebabkan puting nyeri, sehingga bayi sulit mendapatkan ASI yang dibutuhkannya. Jika puting sakit dan lecet, berikan krim pelembab alami, yang aman untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Jika anda menjalani operasi payudara, Anda akan memiliki risiko masalah menyusui, terutama, jika saluran yang memproduksi ASI telah rusak. Penggunaan implan atau biopsi payudara, menyebabkan lebih banyak masalah produksi ASI, dibandingkan operasi pengurangan bentuk payudara.
  • Para ibu, yang melahirkan melalui operasi caesar, memerlukan waktu ekstra untuk pulih, sebelum mereka siap secara fisik untuk memegang, dan menyusui bayi baru mereka. Hal ini, dapat menyebabkan sedikit keterlambatan dalam produksi ASI. Tetapi, setelah pulih, ibu yang melahirkan melalui caesar, bisa memproduksi ASI, sebanyak ibu yang melahirkan secara normal.

4. Faktor Bayi

  • Saat Lahir, bayi berada di ruangan yang terpisah dari anda maka jadwal menyusui akan menjadi sulit, dan mengganggu pasokan serta produksi ASI Anda. Menjaga bayi Anda sedekat mungkin selama siang dan malam, serta tidak terpisah, adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan produksi ASI
  • Adanya kelainan fisik pada bayi seperi bentuk lidah bayi yang mengalami kelainan, bibir sumbing, tidak mempunyai langit pada mulut.

Baca Juga: Posisi Perlekatan Menyusui Bayi yang Benar

Selain faktor yang disebutkan diatas, penggunaan pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron, dan ibu yang hamil lagi saat masih menyusui bayinya, dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga pasokan ASI menjadi berkurang. Merokok dan menggunakan obat tertentu juga sangat mengganggu produksi dan kualitas ASI.

Bayi lahir dengan cairan ekstra, yang terdapat dalam jaringan tubuh mereka. Cairan ini berguna untuk asupan mereka, sebelum mendapatkan ASI pertamanya. Maka, jangan heran jika bayi mengalami penurunan berat badan, beberapa hari setelah kelahirannya, sebagai akibat dari pengeluaran cairan ekstra ini.

Baca Juga: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

INFO: You have Ads-Block for Faktor Penyebab ASI Sedikit , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Faktor Penyebab ASI Sedikit , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Faktor Penyebab ASI Sedikit by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Faktor Penyebab ASI Sedikit via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Faktor Penyebab ASI Sedikit

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Faktor Penyebab ASI Sedikit


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.