Fian Rubianti Am.Keb

Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI

  • 2

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas produksi ASI. Karena itu seharusnya ibu mengonsumsi makanan yang sehat dan menunjang produksi ASI. Hampir semua ibu menyusui, khawatir, apakah bayi mereka mendapatkan cukup ASI atau tidak.

Seorang bayi, dalam sehari bisa diberikan ASI sebanyak 10-12 kali dalam sehari. Bayi akan menyusu lebih sering selama masa pertumbuhan. Semakin sering Anda menyusui si kecil, semakin banyak pula ASI yang akan diproduksi oleh tubuh Anda.

Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI - Dunia Bidan

Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI - Image Source

Kebutuhan bayi akan ASI adalah mutlak diperlukan karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Ibu perlu menjaga asupan makanan agar produksi ASI melimpah sehingga program ASI ekslusif dapat berjalan dengan lancar.

Untuk bisa memastikan jumlah ASI yang baik dan mencukupi, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan makanan bergizi yang cukup setiap hari. Makanan dan gizi adalah salah satu faktor penting yang harus dicukupi supaya ASI bisa berlimpah, dan bisa memenuhi kebutuhan makanan bayi setiap hari.

Berikut Daftar Makanan yang dikenal bisa membantu untuk meningkatkan jumlah ASI :

1. Jinten Hitam (Habbatussauda) : Biji jintan hitam banyak dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, asam lambung, dan kembung. Jinten juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu Ibu mendapatkan stamina setelah melahirkan. Walaupun hasil penelitian ini belum kuat, jinten hitam banyak dipercaya dapat meningkatkan ASI.

2. Biji wijen hitam : Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah susu ibu. Biji ini juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti tembaga.

3. Kemangi : Kemangi adalah sumber vitamin K. Selain dapat meningkatkan jumlah ASI, ia juga diyakini memiliki efek menenangkan, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan nafsu makan yang sehat. kemangi bisa dimakan bersama sayuran, atau makanan pokok. Atau Anda juga bisa membuat minuman panas dengan merebus kemangi, dan minum air rebusan dengan ditambahkan madu.

4. Sayuran Hijau dan keluarga Labu : Sayuran dari keluarga labu, seperti blonceng(labu botol), labu siem, labu kuning, merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya bergizi, sayuran ini juga mudah dicerna oleh usus. Sayuran berhijau daun seperti kacang-kacangan, bayam, dan asparagus juga merupakan sumber mineral, aneka vitamin, serta fitoestrogen, yang diyakini dapat  meningkatkan laktasi.

5. Sayuran berwarna merah : Wortel, ubi jalar dan bit misalnya sangat tinggi mengandung beta  karoten, yang sangat bermanfaat untuk bayi jika Anda menyusuinya dengan ASI. Bit dan ubi jalar juga tinggi zat besi dan akan membantu meningkatkan fungsi hati.

6. Kacang-kacangan : Kacang Almond dan kacang mete adalah jenis kacang yang banyak dikatakan membantu meningkatkan air susu ibu. Selain itu, kacang-kacangan dikenal banyak mengandung kalsium dan senyawa asam lemak baik yang penting bagi otak bayi.

7. Daun katuk : Daun katuk sangat popular di kalangan ibu menyusui untuk meningkatkan ASI. Selain itu, daun katuk banyak mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.  Katuk juga mengandung alkaloid dan sterol yang mempengaruhi produksi ASI. Daun katuk lazimnya dijadikan sayur bening atau sayur bobor.

8. Pare atau paria : Walaupun rasanya sangat pahit, ternyata pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker. Namun jangan terlalu banyak makan pare, karena sayur pahit ini banyak dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah.

9. Minyak zaitun : Minyak seperti minyak zaitun, minyak biji rami dan minyak wijen adalah minyak sehat yang diyakini akan membantu ibu menyusui. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, jenis minyak sehat ini bisa meningkatkan energi. Gunakan untuk memasak atau hanya di gerimiskan di atas salad Anda.

10. Bawang putih : Bawang putih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan pasokan ASI. Meskipun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda mungkin hanya akan merasa lebih berselera jika digunakan sebagai bumbu. Oat: Oat merupakan zat besi, kalsium dan serat, dan populer dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini umumnya dimakan sebagai bubur, dan Anda bisa memilih untuk menambahkan kacang-kacangan, susu , rempah-rempah, atau buah-buahan untuk meningkatkan nilai gizi. Pepaya. Buah ini tinggi mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik untuk ibu menyusui, hal ini agar tidak mudah capek, serta dapat meningkatkan jumlah ASI. Bunga pepaya juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan Ibu.

11. Edamame/Kedelai : merupakan sumbernya protein nabati. Edamame juga mengandung vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui. Kekurangan protein bisa membuat produksi air susu berkurang, bahkan cadangan protein dalam tubuh akan ikut berkurang. Edamame biasanya dijadikan camilan setelah direbus.

12. Bunga Pepaya : Bunga papaya ternyata kaya vitamin A dan vitamin C. Bunga yang berwarna kuning pucat ini juga mengandung kalsium dan fosfor. Bunga papaya baik untuk mempercepat proses pencernaan protein karena adanya enzim papain, yang berguna untuk memecah protein yang Anda makan, apalagi saat menyusui dibutuhkan protein sekitar dua kali lipat dibanding kebutuhan normal. Bunga papaya juga bisa merangsang nafsu makan. Biasanya bunga papaya dikonsumsi dengan cara ditumis.

13. Bayam hijau/merah : Bayam kaya vitamin B6, za besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, K dan B6. Bayam rendah kalori, sama sekali tidak mengandung lemak, tapi kaya nutrisi. Pilih bayam yang warna pekat, hijau atau merah. Kepekatan warna adalah salah satu ciri kandungan karoten yang lebih banyak yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Olah bayam menjadi sayur bening.

14. Kacang hijau : Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang terkandung dalam kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu.

15. Pepaya dan buah-buahan kaya air : Pepaya, semangka dan buah-buahan kaya kandungan air sangat baik untuk ibu menyusui. Buah-buahan ini Kaya vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium. Papaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Merawat balita cukup menguras tenaga, sehingga bila Anda kekurangan kalium maka akan merasa sangat lelah. Kekurangan kalium juga menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui Anda perlu berpikiran positif dan bahagia.

Selain mengkonsumsi makanan pelancar asi, ibu menyusui juga harus mengetahui tips agar ASI (Air Susu Ibu) keluar banyak & lancar salah satunya dengan melakukan tekhnik menyusui yang baik dan benar.

INFO: You have Ads-Block for Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.