Fian Rubianti Am.Keb

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar)

  • 2

Perawatan bayi baru lahir bukanlah pekerjaan mudah, Ibu perlu belajar tentang perawatan bayi baru lahir sebab perawatannya berbeda dengan kita pada umumnya. Bayi baru lahir cenderung sensitif dengan perubahan lingkungan sekitar, termasuk udara, suhu dan lain sebagainya, termasuk paparan berbagai penyakit. Selain itu, kebutuhan nutrisi bayi juga berbeda, dalam hal jumlah serta frekuensi pemberiannya.

Perawatan bayi baru lahir terdiri dari perawatan tali pusat, perawatan mata, kulit, telinga, hidung, mulut, rambut, kuku dan bokong. Mari simak penjelasan mengenai perawatan bayi baru lahir berikut ini:

1. Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Ketika Anda memiliki bayi, biasanya tali pusatnya masih terlihat ketika ia baru lahir. Jaga tali pusat dan kulit di sekitarnya agar tetap bersih dan kering. Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir harus diperhatikan betul, sebab daerah ini mudah sekali terkena infeksi. Jika tali pusat yang belum putus tak sengaja terkena air saat bayi dimandikan, keringkan dengan cotton buds atau kasa steril. Jangan bubuhi ramuan apa pun pada pangkal tali pusat. Umumnya, tali pusat akan putus antara 1-2 minggu setelah kelahiran, tapi bisa juga terjadi lebih dini atau lebih lambat.

Perawatan menggunakan alkohol dan penutupan tali pusar sudah tidak dianjurkan lagi, perawatan cukup menggunakan air matang dicuci dengan sabun bayi dan biarkan tali pusar tetap terbuka. Usahakan tali pusar tetap kering, untuk mengelap bisa menggunakan tissue atau kain kasa steril. Tetap amati terhadap tanda-tanda infeksi.

Penting! Jika tali pusat bayi Anda berubah menjadi kemerahan dan berbau, segera bawa bayi Anda ke Bidan atau dokter karena kemungkinan bayi Anda mengalami infeksi pada tali pusatnya.

2. Perawatan Mata Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Pada mata bayi terdapat sumber air mata yang terletak di bagian atas mata. Setiap 3 detik sekali, sumber air mata mengeluarkan air mata, yang lalu mengalir ke saluran di ujung tengah mata dekat hidung. Pada bayi baru lahir, karena di kandungan belum pernah menangis, maka sumber air mata belum berproduksi. Jadi, salurannya masih tertutup. Bisa juga, kadang terbuka tapi lalu menutup lagi, sehingga airmata yang seharusnya sudah mengalir jadi tergenang.

Air mata ini dapat membunuh kuman untuk jangka waktu beberapa menit, tapi setelah lewat beberapa menit, dia tak membunuh lagi kuman, malah menjadi makanan kuman. Jadi, bila air mata tergenang atau tak mengalir, tumbuhlah kuman-kuman yang lalu menimbulkan tahi mata. Itu dapat membahayakan kornea mata si kecil. Oleh Karena itu, perlu dilakukan pemijatan di area sudut mata.

Penting! Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Selalu gunakan satu kapas steril untuk untuk sekali mengusap mata.

Baca Juga: Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar

3. Perawatan Hidung Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Rongga hidung bayi memiliki pembersih alami sehingga tak diperlukan perawatan khusus. Jika ada cairan atau kotoran yang keluar, bersihkan bagian luarnya saja. Jangan gunakan cotton buds, tisu yang digulung kecil atau jari Anda untuk mengeluarkan kotoran dari dalam hidung. Anda hanya akan mendorong kotoran itu lebih jauh ke dalam atau bahkan menggores membran pembatas hidung yang peka.

Jika bayi punya banyak lendir karena sedang sakit pilek sehingga membuat bayi kesulitan bernafas, sedot keluar dengan cara mengisapnya oleh ibu secara lembut atau dengan aspirator hidung bayi.

Aspirator hidung bayi banyak dijual di apotik atau toko online dengan berbagai macam bentuk dan merk, ada yang seperti balon dengan ujung lancip untuk dimasukan ke dalam hidung bayi, ada juga bentuk seperti tabung dengan selang untuk ibu menyedot lendir pada hidung bayi.

Cara mengluarkan lendir hidung bayi saat pilek: Tutup sebelah lubang hidung dengan jari, lalu isap sebelahnya. Begitu bergantian.

Penting! Jangan sekali-sekali mengisap kedua lubang sekaligus, karena berbahaya. Lendir dapat naik ke telinga tengah, sehingga menimbulkan infeksi telinga tengah.

4. Perawatan Telinga Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Seperti halnya merawat hidung, bagian dalam telinga juga tak boleh dibersihkan atau dikorek kedalam sebab akan mendorong kotoran telinga semakin masuk ke dalam karena terdorong oleh cotton buds/korek kuping. Anda boleh membersihkan jika kotoran itu sudah mencapai "pintu" keluar atau setelah melewati "tikungan" di dalam liang telinga luar.

Baca Juga: Cara Membersihkan Telinga Bayi Baru Lahir

5. Perawatan Mulut Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Sebenarnya mulut bayi tak perlu perawatan khusus. Apalagi sampai menggunakan kasa steril yang dibasahi air matang untuk membersihkan endapan susu di permukaan lidah. Salah-salah malah bikin lidah lecet. Endapan susu tak perlu dibersihkan.

Setelah usia 3 bulan, endapan susu tak ada lagi, karena bayi sudah mulai makan makanan padat. Jadi, cukup diberi air putih saja untuk membersihkan mulutnya. Dan setelah bayi tumbuh gigi, sekitar usia 6 bulan, gusi dan gigi boleh dibersihkan sekali sehari dengan kasa steril yang dibasahi air matang.

Penting! Sampai usia 1bulan, mulut dan bibir bayi mudah sekali ditumbuhi jamur candida. Jangan tunggu bercak pada mulut bayi seperti pada gambar diatas, sebaiknya Bunda segera periksa ke Bidan terdekat/ dokter anak jika ditemukan tanda-tanda jamur pada mulut bayi meskipun baru sedikit, sebab meskipun sedikit bayi akan menjadi rewel dan tidak mau menyusu, cara penanganannya dengan menggunakan obat jamur dari dokter, dengan membersihkan menggunakan kasa/kain malah akan membuat lidah dan mulur bayi menjadi lecet.

Dari mana jamur candida berasal? Jamur ini berasal dari orang dewasa, terdapat di selaput lendir dan lebih sering dijumpai di v@gina. Jika tangan ibu tak bersih setelah memegang v@gina, lalu memegang tangan bayi dan bayi memasukkan tangannya ke mulutnya, maka "hinggap"lah jamur candida di mulutnya. Gejalanya tampak dari munculnya busa-busa putih di area bibir dan mulut.

6. Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Bayi baru lahir minimal dimandikan sehari sekali karena ia belum tahan dingin. Entah dengan cara berendam di bak mandi atau dilap dengan waslap basah yang sudah diberi sabun bayi. Pilih sabun bayi yang mengandung Pro Vitamin B5. Ini berguna untuk merawat kesehatan kulit, memberi rasa nyaman, dan menjaga kulit tetap halus.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal
Baca Juga: Persiapan Sebelum Memandikan Bayi

Penting! Untuk mengatasi biang keringat, cukup diberi bedak khusus bayi, bukan bedak dengan aroma bunga atau buah yang banyak dijual dipasaran, Bayi baru lahir belum memerlukan bedak seperi itu. Beli saja bedak dengan kandungan pereda gatal untuk bayi baru lahir.

Lalu, pada jam-jam yang banyak mengeluarkan keringat seperti siang hari, lap bagian tubuh yang banyak keringat dengan kapas yang dibasahi air hangat atau tisu basah non-alkohol. Lakukan sesering mungkin pada bayi yang banyak biang keringat, terutama di daerah-daerah lipatan.

7. Perawatan Kulit Kepala dan Rambut Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Yang paling menjengkelkan tapi tak berbahaya ialah cradle crap atau kerak di kulit kepala. Antara lain disebabkan kulit kepala terpapar polusi udara dan debu. Bersihkan dengan air matang setiap kali mandi dengan menggunakan sabun mandi, kemudian diusap menggunakan kain yang lembut, tapi jangan keras-keras sebenarnya nanti akan ngelotok sendiri.

Boleh juga menggunakan baby oil, diamkan kira-kira 10-15 menit, lalu pijat secara lembut, dilanjutkan dengan pencucian menggunakan air matang juga sabun bayi. Tapi ingat, jangan lakukan pijatan atau pembersihan dengan keras. Jika kulit kepala sampai berdarah dan infeksi, bisa berbahaya. Sebab, ada satu peredaran darah di kepala yang menyambung dengan otak.

Penting! Usahakan kulit kepala tetap sejuk dan kering, karena kerak ini akan makin parah jika kulit kepala berkeringat. Jangan kenakan topi pada bayi kecuali jika sangat diperlukan dan lepaskan topi itu setelah bayi Anda berada di dalam rumah atau kendaraan.

Baca Juga: Cara Keramas Bayi Baru Lahir yang Benar

8. Perawatan Kuku Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Sejak bayi baru lahir, kuku-kukunya boleh digunting tapi harus dilakukan secara hati-hati, jangan sampai kulitnya ikut tergunting. Setelah digunting, kuku-kuku itu harus pula dikikir. Bila tidak, kuku-kukunya akan tetap tajam dan ini bisa berbahaya jika sampai mengenai kornea mata. Ingat, bayi selalu menggunakan tangannya untuk menyentuh apa saja, termasuk bagian-bagian wajahnya.

Tips untuk mencegah kuku bayi menggores bagian wajah: 

  • Tutuplah dengan sarung tangan saat bayi sedang tak diawasi.
  • Selama dalam pengawasan, tangannya tak usah diberi sarung. Sebab, tangan merupakan bagian dari pancaindera yang harus dikembangkan, yaitu indera peraba yang justru merupakan indera utama pada bayi. Apalagi bayi baru lahir mulai mengenal dunianya lewat sentuhan. Pegang saja tangannya dengan lembut saat mau mencakar atau menyentuh sesuatu yang berbahaya.

Pengguntingan kuku bayi dapat dilakukan saat ia tidur atau kala terbangun. Minta bantuan seseorang untuk memeganginya selama Anda menggunting kuku-kukunya. Gunakan selalu gunting kuku bayi yang berujung membulat/tumpul.

Penting! Jika terjadi "kecelakaan kecil", tekan bagian yang tergunting dengan kassa steril sampai darah berhenti dan berikan obat antiseptik.

Baca Juga: Cara Memotong Kuku Bayi yang Baik & Benar

9. Perawatan Bokong/Pantat Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru lahir Normal - DuniaBidan.com

Area ini mudah sekali terkena masalah, karena sering berkontak dengan popok basah dan terkena macam-macam iritasi dari bahan kimia serta mikroorganisme penyebab infeksi air kemih/tinja, maupun gesekan dengan popok atau baju. Biasanya akan timbul gatal-gatal dan merah di sekitar bokong. Gatal-gatal dan merah di bokong cenderung berulang timbul. Tindakan pencegahan yang penting ialah mempertahankan area ini tetap kering dan bersih. Jika usaha pencegahan tak berhasil, yang dapat Anda lakukan ialah:

  • Jangan gunakan diapers sepanjang hari. Cukup saat tidur malam atau bepergian saja.
  • Jangan ganti-ganti merek diapers. Gunakan hanya satu merek yang cocok untuk bayi Anda.
  • Lebih baik gunakan popok kain. Jika terpaksa memakai diapers, kendurkan bagian paha untuk ventilasi dan seringlah menggantinya (tiap kali ia habis buang air kecil/besar).
  • Tak ada salahnya sesekali membiarkan bokongnya terbuka. Jika perlu, biarkan ia tidur dengan bokong terbuka. Pastikan suhu ruangan cukup hangat sehingga ia tak kedinginan.
  • Jika peradangan kulit karena popok pada bayi Anda tak membaik dalam 1-2 hari atau bila timbul lecet atau bintil-bintil kecil, hubungi dokter anak Anda.
  • Penting pula diperhatikan faktor makanan. Para ibu yang menyusui bayinya dengan ASI harus menghindari makanan yang mengandung lemak, asam dan pedas karena dapat membuat bayi sering buang air besar sehingga pantatnya jadi lecet.

Semoga Informasi ini bermanfaat untuk Ibu Muda yang baru memiliki anak pertama. Merawat bayi susah- susah gampang jika kita mengetahui point penting dari setiap perawatan anggota tubuh bayi.

Baca Juga: 15 Bahan Kimia Berbahaya Untuk Kulit Bayi

INFO: You have Ads-Block for Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar)


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.