Fian Rubianti Am.Keb

Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar

  • 2

Langkah Pemijatan Mata Bayi Baru Lahir - DuniaBidan.com

Langkah Pemijatan Mata Bayi Baru Lahir - Image Source

Pemijatan mata bayi baru lahir dilakukan sebagai upaya pencegahan agar mata bayi tidak mengalami "Belekan". Belekan meupakan istilah menumpuknya kotoran pada sekitar mata bayi baru lahir akibat dari masih tertutupnya saluran air mata bayi baru lahir. 

Umumnya bayi baru lahir mengeluarkan air mata, ajaib nya air mata bayi baru lahir dapat membunuh kuman pada area mata bayi, namun pembunuhan kuman tersebut hanya berlangsung beberapa menit saja. Setelah itu fungsinya tak seajaib semula, air mata yang menggenang jika tidak segera dibersihkan malah akan mengundang kuman-kuman yang lalu menimbulkan tahi mata atau disebut dengan "Belekan". Oleh karena itu perlu dilakukan pemijatan mata oleh Bunda.

Langkah pemijatan mata bayi baru lahir :

  • Cuci tangan menggunakan air dan sabun.
  • Pijat area mata dengan menggunakan jari yang tidak berkuku panjang atau cotton buds yang dibasahi air matang.
  • Pijat dengan lembut dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung seperti gambar diatas, selama 5-10 kali.
  • Lakukan kurang lebih selama 2 minggu, karena setelah itu umumnya saluran air mata telah terbuka tetap dan berfungsi.

Penting! Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Selalu gunakan satu kapas steril untuk untuk sekali mengusap mata.

Baca Juga: Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar)

INFO: You have Ads-Block for Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.