Fian Rubianti Am.Keb

Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar

  • 1

Memandikan bayi prematur harus lebih ekstra hati-hati. Selalu jaga kehangatan bayi prematur saat mandi, karena bayi prematur rentan terkena hipotermia atau keadaan dimana suhu tubuh di bawah 36,5 derajat Celcius. Oleh karena itu, bayi prematur harus mendapatkan perawatan khusus.

Hypotermia adalah penurunan suhu tubuh dibawah 36,5 ºC atau lebih rendah. Keadaan ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

DuniaBidan.com

Ketika bayi masih melakukan perawatan di rumah sakit, biasanya proses memandikan bayi akan dilakukan oleh petugas rumah sakit. Setelah bayi diperbolehkan dibawa pulang ke rumah, biasanya banyak kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua mengenai perawatan, termasuk cara memandikan bayi.

Memandikan bayi prematur sebelum tali pusat belum lepas, sebaiknya dengan cara diseka dan tidak dimasukan ke dalam bak mandi khusus bayi. Berikut ini kami jelaskan cara memandikan bayi yang benar dan aman.

Cara memandikan bayi prematur yang benar

1. Persiapan Sebelum Mandi

  • Siapkan alat mandi, handuk dan pakaian ganti untuk bayi. Pilih sabun mandi khusu bayi yang tidak memicu timbulnya iritasi, atau yang memang khusu untuk kulit hipersensitif. Dekatkan dengan bak mandi terutama alat mandi (jika akan mandi dalam bak). 
  • Siapkan air hangat, periksa dengan siku ibu sebaiknya air tidak terasa panas ataupun dingin. Beberapa kepustakaan menganjurkan temperatur air mandi menyerupai suhu tubuh bayi (98,60 F) yaitu berkisar antara 99-1000 F (37,2-37,70C), bila menggunakan termometer untuk air.
  • Ajak ayah atau anggota keluarga lain untuk membantu.
  • Jaga suhu ruangan tidak terlalu dingin maupun hangat (suhu ruangan 24-270 C), tutup jendela dan sebaiknya tidak ramai/berisik
  • Ajak bayi bicara dengan suara lemah lembut mengenai langkah-langkah yang akan dilalui seperti membuka baju, menyelupkan badan dan lain-lain.

2. Proses Memandikan Bayi Prematur

Selama beberapa minggu pertama cukup dengan mandi kering karena kulit tubuhnya masih sangat tipis sehingga sangat sensitif, yaitu dengan menyekanya dengan waslap yang dibasahi air hangat. Jika semua perlengkapan dan air hangat sudah siap baru mulai memandikan bayi, ikuti langkah memandikan bayi prematur berikut ini:

  • Lepas secara perlahan baju yang melekat pada tubuhnya, dengan terus memantau keadaan bayi. Jika bayi menunjukan reaksi menguap, mengangkat tangan atau menangis. Hentikan tindakan tersebut dan tunggu hingga bayi kembali pada posisi sebelumnya. Apabila semua baju yang melekat pada tubuhnya sudah terlepas, anda bisa menghangatkannya dengan menyelimuti secara longgar.
  • Kemudian cukup bersihkan bagian muka, tangan, dan daerah sekitar popok dengan waslap.
  • Jangan menggosok kulit bayi terlalu keras pada saat menyabuni maupun mengeringkan tubuhnya, cukup ditepuk-tepuk menggunakan handuk untuk menghindari iritasi dan lecet.

Bila bayi sudah mencapai bobot 3 kg, barulah perlu mandi dengan cara mandi basah di dalam bak mandi bayi. Jika semua perlengkapan dan air hangat sudah siap baru mulai memandikan bayi, ikuti langkah memandikan bayi prematur berikut ini:

  • Lepas secara perlahan baju yang melekat pada tubuhnya, dengan terus memantau keadaan bayi. Jika bayi menunjukan tanda tidak nyaman seperti memberikan reaksi menguap, mengangkat tangan atau menangis. Hentikan tindakan tersebut dan tunggu hingga bayi kembali pada posisi sebelumnya. Apabila semua baju yang melekat pada tubuhnya sudah terlepas, anda bisa menghangatkannya dengan menyelimuti secara longgar.
  • Celupkan bayi secara perlahan ke dalam bak mandi dengan memegang kepala-bahu dan ke dua kaki bersama selimut atau bedongnya. Jaga kepala berada di atas air sedangkan badan serta kaki terendam di air. Gunakan tempat duduk khusus untuk bak mandi ataupun alas anti licin. Perhatikan apakah bayi menunjukkan tanda tidak nyaman seperti di atas.
  • Selanjutnya, bilas dengan menggunakan air bersih. Segera keringkan tubuhnya dengan menggunakan handuk lembut. Anda harus memperhatikan kembali daerah lipatannya apakah sudah bersih dari sabun atau masih ada sabun yang tersisa.

3. Setelah Dimandikan

  • Apabila ketika diraba bayi terasa dingin, hangatkan dengan melakukan perawatan metode kanguru (PMK).
  • Setelah itu, bayi dipakaikan baju. Alangkah lebih baik untuk menghindari lotion, minyak atau bedak. Cukup menggunakan minyak telon untuk menghangatkan kembali tubuh bayi.

Waktu yang tepat untuk memandikan bayi prematur

Mandikan bayi 30 menit sebelum minum berikutnya untuk mencegah kembung atau gangguan perut atau stomach upset. Setelah mandi bayi akan minum lahap dan tidur lelap.

Demikian lanhkah dan cara memandikan bayi prematur. Mandikan bayi prematur anda tiap 2-4 hari sekali, memandikan bisa lebih sering apabila bayi sering muntah, gumoh atau keadaan tubuhnya kotor. Tetapi harus diperhatikan, kulit bayi prematur mudah kering bila dimandikan terlalu sering. Oleh karena itu, anda bisa menyeka wajah dan lipatan lehernya setiap hari.

Baca Juga: Perawatan Bayi Prematur
Baca Juga: Perawatan Bayi Prematur: Manfaat Perawatan Metode Kangguru (PMK)

INFO: You have Ads-Block for Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.