Fian Rubianti Am.Keb

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

  • 2

Waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah ketika bayi sudah cukup tidur sehingga tidak rewel, bayi sudah kenyang dan hindari memandikan bayi setelah minum ASI atau susu karena bisa menyebabkan bayi gumoh.

Sebelum bunda melepas pakaian si kecil, lihat dulu apakah bayi Anda sudah siap untuk mandi. Jika bayi baru bangun tidur maka tunggu sampai bayi terlihat nyaman untuk mandi. Setelah itu lakukan beberapa langkah memandikan bayi baru lahir, seperti dibawah ini.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal - DuniaBidan.com

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal - Image Source

Cara memandikan bayi baru lahir normal:

  1. Pegang bayi Anda dengan pelan dan bertumpu pada bagian lutut Anda.
  2. Lepas pakaian bayi mulai dari pakaian atas hingga popok, Kemudian balut dengan handuk untuk mempertahankan suhu tubuh bayi.
  3. Bersihkan bagian wajah bayi dengan menggunakan kapas yang sudah dicelup ke dalam air. Gunakan kapas basah untuk mengusap lembut bagian sekitar mata bayi, hapus kotoran mata bayi dan bersihkan bagian hidung luar. Kemudian bersihkan bagian telinga luar dan celahnya dengan menggunakan kapas basah. Perhatikan untuk mengganti setiap kapas untuk setiap bagian wajah yang berbeda.
  4. Cuci bagian rambut bayi Anda dengan cara yang sangat lembut. Percikkan air ke bagian kepala bayi. Jika perlu gunakan shampo khusus bayi sedikit saja dan perhatikan agar busa atau cairan sabun tidak sampai ke telinga dan mata.
  5. Kemudian bersihkan bagian tubuh lain dengan cara yang sama. Jika tali pusar bayi masih belum lepas, tidak apa-apa dan jangan panik. Mandikan seluruh tubuh bayi berikut tali pusatnya, Anda bisa mengusapnya pelan dengan tangan yang lembut untuk membasahi tubuh bayi. Ambil sabun bayi sedikit saja dan terapkan pada badan bayi beserta tali pusat.
  6. Bersihkan semua bagian lipatan bayi dan daerah di sekitar alat kelamin bayi, sehingga bayi Anda benar-benar bersih.
  7. Masukkan bagian tubuh bayi secara lembut ke dalam bak mandi bayi. Ingat, jangan sampai bagian kepala terendam ke dalam bak mandi bayi.
  8. Setelah itu angkat badan bayi secara lembut dan keringkan dengan handuk. Jangan menggosok kulit bayi dengan handuk dan lebih baik untuk menepuk ringan dengan handuk. Ingat kulit bayi Anda masih sangat sensitif.
  9. Bunda dapat menggunakan minyak telon untuk menghangatkan kembali tubuh bayi. Sebaiknya untuk bayi baru lahir jangan dulu menggunakan bedak dengan macam-macam merk dan wangi, bunda dapat menggunakan bedak salicyl.
  10. Segera kenakan pakaian hangat lengkap dengan popok, sarung tangan dan kaki.

Jangan kaget jika bayi Anda menjadi sangat rewel ketika mandi atau bahkan setelah mandi. Untuk semua orang tua baru, pengalaman ini akan sangat menyenangkan. Anda bisa mengajak bayi berbicara atau menenangkan dengan menyanyi.

Baca Juga: Cara Membersihkan Telinga Bayi Baru Lahir
Baca Juga: Cara Keramas Bayi Baru Lahir yang benar
Baca Juga: Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir yang Benar
Baca Juga: Persiapan Sebelum Memandikan Bayi
Baca Juga: Cara Memotong Kuku Bayi yang Baik & Benar
Baca Juga: Cara Merawat Tubuh Bayi Baru Lahir Normal (Lengkap & Benar)

INFO: You have Ads-Block for Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.