Fian Rubianti Am.Keb

Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak

  • 2

DuniaBidan.com

Apa itu Tantrum?

Tantrum adalah Keadaan emosi yang meledak, biasanya terjadi pada anak-anak ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak dan marah-marah. Meski tantrum identik dengan anak-anak namun tantrum bisa terjadi pada orang dewasa terutama wanita karena wanita memiliki emosi yang selalu bergejolak.

Temper tantrum adalah ledakan kemarahan yang terjadi secara tiba-tiba tanpa terencana, mungkin orang dewasa beranggapan hanya untuk mencari perhatian saja namun tantrum pada anak cenderung melampiaskan segala kemarahannya dengan cara menangis, berteriak, menjerit, memukul dan menggigit bahkan tak segan untuk menggigit.

Pada balita, tantrum atau amukan sudah dianggap sebagai keadaan yang umum pada anak sebagai pengukur dari kekuatan pengembangan karakter.

Bagaimana cara mengatasi atau mengendalikan tantrum pada anak?

Berikut cara mengatasi atau mengendalikan kondisi jika anak mengalami tantrum:

  • Ciptakan suasana tenang
    • Hal pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan situasi tetap tenang dan jangan panik atau malah ikutan teriak dan marah. Sebaiknya lakukan tarikan nafas panjang sebanyak 3x untuk membuat anda lebih rilex dengan kegaduhan yang membuat suasana hati runyam. Setelah anda tenang, barulah anda menenangkan anak yang sedang mengalami tantrum.
  • Temukan alasan anak menangis atau mengamuk
  • Jangan berteriak dan menggunakan kata-kata kasar atau menakuti sebagai cara untuk mengatasi tantrum pada anak. Menenangkan anak dengan cara berteriak malah akan membuat anak semakin tidak terkendali.
  • Jangan menyerah pada kemarahan anak
  • Singkirkan benda-benda yang berpotensi berbahaya dari anak Anda
  • Berikan pujian bila tantrum pada anak telah selesai
  • Tetap jaga komunikasi terbuka dengan anak Anda

Jika anak tidak dalam kondisi yang membahayakan dan tidak sedang berada ditempat umum, biarkan saja anak mengalami tantrum, nanti juga akan berhenti sendiri. Karena tantrum biasanya tidak berlangsung lama.

Jika terpaksa harus meredakan amukan anak karena ada di tempat umum, lakukan cara ini:

  • Jangan memukul anak untuk menghentikan tangisan, Lebih baik mendekapnya. Kencang tidak apa-apa agar anak diam tidak bisa meloloskan diri dan mengamuk, yang terpenting adalah ketika mendekap anak sambil membisikan kata-kata untuk meredakan amukan anak seperti "Ayah/Ibu tidak suka adek menendang-nendang seperti ini, sudah ya jangan nangis lagi"
  • Jangan membujuk anak Anda dengan imbalan yang lain untuk menghentikan kemarahannya, karena nanti tantrum akan berulang ketika si anak menginginkan sesuatu.
  • Arahkan perhatian anak pada sesuatu yang lain, seperti mengajaknya bermain atau melihat sesuatu.

Tantrum bukan suatu penyakit namun jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat akan membentuk karakter anak yang terganggu secara emosionalnya, menjadi seorang pemarah dan susah untuk dikendalikan.

INFO: You have Ads-Block for Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa itu Tantrum? Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.