Fian Rubianti Am.Keb

Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI?

  • 3

Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? | Dunia Bidan

Image Source

Tak hanya ibu hamil yang excited menyambut kelahiran jabang bayi, suami pun sama-sama menanti kebahagiaan itu, sebab ia akan menyandang gelar baru dalam hidupnya yaitu sebagai seorang ayah. Sekarang tanggung jawab pasangan suami istri bertambah, sebagai orang tua baru tentunya kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak.

Hal yang paling dasar dari tanggung jawab ayah dan ibu kepada si buah hati yang baru lahir ke dunia yaitu adalah mendukung program pemerintah dalam menghasilkan generasi muda yang berkualitas, salah satunya adalah pemberian ASI yang akan berlangsung selama 2 tahun dengan dukungan dari AYAH ASI.

Apa Itu AYAH ASI?

Ayah ASI adalah Seorang lelaki yang kini statusnya sudah berubah menjadi Ayah, kemudian ia begitu peduli kepada anak dan istrinya sehingga turut serta mendukung keberhasilan pemberian ASI ekslusif hingga 6 bulan pasca kelahiran, dan sampai tiba waktunya penyapihan (proses berhentinya anak menyusu kepada ibunya) pada usia bayi 2 tahun.

Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? | Dunia Bidan

Image Source

Seperti Apa Peran Ayah ASI?

Dukungan "Ayah ASI" sangat diperlukan bagi ibu pejuang ASI ekslusif. Apalagi jika suami terlibat dalam kegiatan ini, Istri akan merasa senang apabila suami dapat membantu mengurangi sedikit keluhan yang dialami istri. Kesenangan inilah yang membawa dampak positif terhadap kelancaran ibu memberikan ASI kepada sikecil, sebab akan memperlancar aliran darah dari tubuh ibu dan hormon prolaktin yang memproduksi ASI.

Ada 6 uraian mengenai Peran Ayah ASI, sebagai berikut:

  1. Biarkan ibu beristirahat. Menyusui itu merupakan kegiatan yang menyenagkan bagi ibu, berikanlah waktu untuk ibu beristirahat agar produksi ASI ibu melimpah.
  2. Ikut bangun saat menyusui. Bayi baru lahir memerlukan banyak sekali nutrisi, sekitar 2 jam sekali bayi harus diberikan ASI meskipun ia sedang tidur harus dibangunkan untuk menyusu. Apalagi jika bayi menangis karena ingin menyusu, mau jam berapapunharus diberikan. Disinilah peran ayah ASI sangat membantu ibu, dengan suami ikut bangun menemani istri jadi ada yang memantau jika istri(ibu) tidak sengaja tertidur. Menyusui sambil ibu tidur sangat beresiko bayi tersedak derasnya ASI, dapat berujung kematian.
  3. Bantu mengganti popok bayi. Ayah harus tau cara mengganti popok bayi, jadi bisa gantian sama ibu. Kegiataan seperti ini dapat mempererat tali kasih antara ayah dan anak.
  4. Bantu sendawakan bayi setelah menyusu. Bayi bersendawa setelah menyusu akan mengurangi resiko perut kembung, tersedak, dan gumoh (muntah). Caranya adalah dengan cara mendekap bayi di dada ayah, kepala bayi harus menghadap ke belakang, kemudian tepuk-tepuk punggung bayi sampai keluar sisa-sisa air susu yang masih ada dimulut.
  5. Bantu ibu membersihkan rumah. Karena kesibukan ibu bertambah dengan mengurus si kecil, tidak ada salahnya jika ayah membantu sebagian pekerjaan rumah ibu, seperti menyapu, mengepel, atau memasak nasi. Wahh itu sih bukan saja Ayah ASI tapi juga Suami Idaman. Ayah Hebat!
  6. Menjadi suporter no 1. Selalu ingatkan dan dukung ibu untuk memberikan ASI disaat semuanya lupa dengan tugas ini. Ayah harus terus siaga menjadi garda terdepan untuk ibu.

Baca Juga: Kandungan Dan Manfaat Air Susu Ibu (ASI)
Baca Juga: Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI

Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? | Dunia Bidan

Image Source

Tips menjadi Ayah ASI:

  • Menjadi ‘cheerleader’ atau pendukung untuk istri saat menyusui. Dukungan ayah tingkatkan keberhasilan menyusui.
  • Menjadi juru bicara dan pelindung dari mitos yang beredar di masyarakat. Sudah saatnya melek bos, ASI itu sangat penting untuk bayi karena ASI nutrisi utama yang dapat bayi cerna, sangat berguna untuk kelangsungan hidup buah hati anda.
  • Menjadi manajer yang baik terkait ASI dan waktu pemberian ASI. Disini ayah harus lebih agresif mengenai waktu pemberian ASI.
  • Menjadi orangtua yang sebenarnya untuk keluarga. Menjadi Ayah ASI juga belajar menjadi ayah yang siaga. Bikinnya berdua, ngurusnya juga harus berdua.  hehe iya ga yah?
  • Be a Google. catat sederet pertanyaan berikut jawaban tentang ASI. Kemudian ayah bida menanyakan kepada tenaga medis mengenai hal yang belum ayah mengerti terkait ASI dan buah hati.
  • Tidak egois. keluarga prioritas utama bukan pekerjaan dan hobi. Luangkan waktu ekstra untuk keluarga, karena moment mengurus si buah hati yang sudah berlalu tidak akan kembali lagi, setiap hari ia akan tumbuh dan berganti moment.
  • Bijaksana. Ayah harus fleksible dalam menghadapi lingkungan yang terlalu awam soal manfaat ASI.
  • Beri motivasi. Ketika istri sedangmengalami hal emosional karena merasa  kelelahan sehingga ibu memutuskan untuk berhenti menyusui, maka bukan paksaan solusinya. tetapi ajak istri berbicara dari hati ke hati kemudian tanyakan apa alasannya ingin berhenti menyusui, kemudian ambil solusi yang paling tepat berdua. 
  • Lepaskan beban, karena mendampingi istri bagian kewajiban alamiah suami. Jangan merasa terbebani dengan peran baru menjadi Ayah ASI. Justru anda harus bangga ketika menjadi salah satu bagian keberhasilan "masa emas" anak.
  • Berbagi. Berbagi tentang peran suami pada istri yang menyusui seluas-luasnya, karena dari sana ayah ASI akan juga mendapat masukan untuk dirinya. ajak juga ayah-ayah yang lainya supaya menjadi ayah pejuang ASI, demi generasi masa depan cerah.

Menurut penelitian dari sekitar 115rb orang suami yang tidak memberikan asi tingkat keberhasilan istrinya menyusui hanya sebesar 26,9%, sedangkan untuk suami yang mendukung istrinya mencapai tingkat keberhasilan 98,1%.

Baca Juga: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

Ayo dukung Ibu menyusui memberikan ASI Ekslusif!

INFO: You have Ads-Block for Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI? via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 3
Top Recent People Searches: Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI?

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI?


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.